Selasa, 17 Desember 2019

Tips Merawat Laptop Semoga Infinit Dan Tidak Cepat Rusak !!



- Tips merawat PC atau Laptop semoga abadi dan tidak cepat rusak!! pernahkah kalian menggunakan PC atau Laptop terus menerus tanpa henti untuk bermain games? nahh, niscaya kalian pernah ngalamin insiden menyerupai PC atau Laptop kalian kepanasan atau overheat kemudian tiba-tiba PC atau Laptop kalian mendadak mati sebab kepanasan. Kejadian tersebut menjadi salah satu faktor penyebab PC atau Laptop kita cepat rusak dan tidak awet.




Gambar diatas merupakan salah satu tumpuan akhir dari jarang merawat PC atau Laptopnya. Untuk itu kita harus sanggup merawat dan menggunakannya dengan baik dan benar semoga PC atau Laptop kalian abadi dan tidak cepat hang. Pada dasarnya cara merawat PC atau Laptop gotong royong tidak sulit, hanya saja kita yang terkadang jarang melakukannya atau ada juga yang belum tahu sama sekali cara merawat PC atau Laptopnya.

Namun kalian semua jangan khawatir 😊, kali ini kita akan membagikan bertahap tips ihwal merawat PC atau Laptop kalian semoga tetap abadi dan tidak cepat rusak. Untuk itu kalian simak baik-baik yahhh jangan hingga ketinggalan dan baca hingga final supaya kalian paham dan mengerti! Setidaknya kita sanggup mengurangi resiko terjadinya kerusakan, baik dari segi komponen Hardware maupun Software, berikut tips merawat PC atau Laptop semoga abadi dan tidak cepat rusak :

Tips merawat PC atau Laptop semoga abadi dan tidak cepat rusak 


Membersihkan debu di dalam Komponen PC atau Laptop


Kalian sanggup membersihkan debu dan kotoran yang melekat di komponen hardware dengan menggunakan kuas dan lap. Kebanyakan debu banyak bersarang di penggalan Heatsink Fan dan juga Motherboard. Bersihkan secara bersiklus minimal seminggu 1x atau sebulan 3x  tergantung pemakaian dan pengguanaan, yang niscaya kalian harus rutin dalam membersihkannya. Untuk Laptop juga sama hanya dengan membersihkan debu di penggalan sela-sela keyboard, layar, dan penggalan kipas yang melekat dalam Laptop kita.


Menggunakan Thermal Pasta

Source : gnd-tech.com

Untuk PC mencegah Processor kalian overheat kalian sanggup menggunakan Thermal Pasta yang berkualiatas. Penggunaan Thermal Pasta yang berkualitas umumnya sanggup tahan usang dalam rentang waktu 6 bulan dan 1 tahun. Kalian sanggup mengeceknya tiap sebulan 1x untuk memastikan apakah Thermal Pasta sudah kering apa belum. Jika Thermal Pasta dalam sudah kondisi kering kalian sanggup menggantikannya dengan cara membersihkan terlebih dahulu dengan tisu atau lap, kemudian menggantinya dengan Thermal Pasta yang baru. Kalian juga sanggup menerapkannya pada Laptop, jikalau Laptop kalian gampang untuk dibongkar pasang penggalan dalamnya.



Mematikan PC atau Laptop sesuai prosedur


Jangan sekali-kali kalian mencabut kabel power untuk mematikan PC atau pribadi menekan tombol power pada CPU, begitupun pada Laptop. Ikutilah mekanisme yang sudah ditentukan untuk mematikan PC ataupun Laptop kalian sebab mematikan dengan cara yang tidak benar akan menciptakan PC atau Laptop kalian cepat rusak.



Menggunakan Baterai ketika Men-Charger pada Laptop


Saat kita menggunakan Laptop mungkin masih banyak dari kalian yang melepas baterainya ketika men-Charger. Sebenarnya ini sangat tidak dianjurkan, sebab pada ketika terjadi pemadaman listrik maka Laptop kalian akan mati secara langsung. Hal ini akan menciptakan Laptop kita cepat rusak sebab tidak mematikan Laptop secara prosedural.

Pastikan keadaan Listrik stabil

Source : gandhiappliances.com

Sesuai dengan sebutannya, alat elektronik sangat bergantung pada listrik untuk bekerja, menyerupai PC atau Laptop. Sehingga listrik menjadi "makanan" utama bagi alat elektronik. Namun, kalian harus memastikan bahwa pedoman listrik yang masuk yaitu pedoman listrik yang stabil.

kalian juga sanggup menggunakan Stabillizer dan UPS untuk menstabilkan listrik semoga listrik yang mengalir ke dalamnya menjadi lebih stabil. Hal tersebut penting dilakukan sebab apabila listrik yang dikomsumsi oleh PC maupun Laptop tidak stabil maka sanggup menimbulkan PC atau Laptop kalian cepat rusak.



Uninstall Software atau Aplikasi yang tidak terpakai  

     

Program aplikasi yang terlalu banyak dan tidak terpakai pula akan memakan ruang penyimpanan Harddisk dan akan menciptakan proses kinerja semakin lambat, hal ini mengakibatkan beban kerja pada PC atau Laptop akan lebih berat maka jikalau usang kelamaan akan menciptakan Harddisk cepat rusak dan tidak sanggup dipakai lagi nantinya.



Well, Semoga Bermanfaat bagi kita Semua :)

0 komentar:

Posting Komentar