Selasa, 24 Maret 2020

Apa Itu Unicorn?


source : img.jakpost.net
- Apa Itu Unicorn? pasti banyak diantara kalian yang berfikir bahwa unicorn dalam fikiran kalian yaitu seekor kuda yang bertanduk atau bercula satu, menyerupai gambar ilustrasi yang ada dibawah ini.

Iya sihh, memang unicorn yaitu seekor kuda yang bertanduk atau bercula satu, tapi dalam pembahasan kali ini berbeda alasannya yaitu unciorn yang dimaksud bukan yang menyerupai kalian fikirkan, hehehe.



Pasti kalian pada penasaran, apa sih itu unicorn? unicorn yang dimaksud yaitu sebuah perusahaan milik swasta yang sudah menghasilkan valuasi (keuangan) yang jumlahnya lebih dari $1 miliar. Istilah "Unicorn" diciptakan pada tahun 2013 oleh seorang bernama Aileen Lee. Dia menentukan binatang bermitos ini, alasannya yaitu perusahaan yang sukses menyerupai ini tergolong langka. Perlu kalian ketahui bahwa di negara kita sendiri sudah ada perusahaan startup yang menyandang status sebagai unicorn. Ada 4 perusahaan startup, apa saja itu?



 
source :  https://www.go-jek.com/

Gojek merupakan sebuah perusahaan startup yang berdiri di industri teknologi dan transportasi. Gojek didirikan pada tanggal 13 Oktober 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Berawal dari memperlihatkan jasa layanan transportasi bebasis online dengan 20 orang pengemudi dan masih mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang  dengan pengemudi ojek.

Pada pertengahan tahun 2014, berkat popularitas Uber kala itu, Gojek mulai mendapat ajuan investasi. Barulah pada tanggal 7 Januari 2015, Gojek risikonya meluncurkan aplikasi berbasis Android dan IOS untuk menggantikan sistem pemesanan memakai call center untuk memudahkan pemesanan.

Gojek pertama kali mendapat suntikan dana dari NSI Ventures pada Juni 2015. Pada Oktober 2015, Gojek kembali mendapat suntikan dana dari Sequoia Capital dan DST Global. Pada bulan Agustus 2016, Gojek resmi mengumumkan pendanaan sebesar US $ 550 juta atau setara dengan Rp 7,2 triliun.

Dengan adanya pendanaan tersebut, Gojek resmi menyandang gelar startup unicorn pertama di Indonesia, yaitu dengan valuasi lebih dari 1 miliar dolar Amerika (setara dengan Rp 13 triliun).



source :  https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Logo-Tokopedia.png

Tokopedia merupakan perusahaan startup di bidang marketplace. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 selisih satu tahun daripada Gojek oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Dengan bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring.

Tokopedia menyusul Gojek mendapat predikat unicorn kedua di Indonesia. Startup tersebut mendapat pendanaan senilai $ 1,347 miliar.

Pendanaan paling banyak diraih pada 17 Agustus 2017 yang didapatkan dari investasi yang dilakukan oleh Alibaba sebesar 1,1 miliar dolar Amerika.  


source : blog.traveloka.com

Traveloka yaitu sebuah perusahaan startup aplikasi yang menyediakan jasa layanan di bidang pemesanan tiket pesawat dan jasa pemesanan kamar hotel secara online melalui aplikasi android dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka berdiri tahun 2012 oleh Ferry Unardi,  Derianto Kusuma, dan Albert Zhang.

Pada konsep awalnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari banyak sekali situs lainnya. Kemudian pada pertengahan 2013, Traveloka kemudian bermetamorfosis situs reservasi tiket pesawat, dimana pengguna sanggup melaksanakan pemesanan di situs resminya.

Traveloka menyandang predikat unicorn dan menjadi startup Indonesia termuda yang bisa meraih gelar sampai dikala ini. Setara dengan Gojek dan Tokopedia, Traveloka mendapat pendanaan mencapai 2 miliar dolar Amerika dengan mendapat perhiasan dana lainnya dari Expedia. 




source :  https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Bukalapak_typeface.svg

Bukalapak merupakan sebuah perusahaan startup yang bergerak di bidang online marketplace atau biasa dikenal dengan jaringan toko daring yang dimiliki oleh PT. Bukalapak. Bukalapak berdiri pada 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky dan dua temanya di sebuah rumah kos di Bandung, Jawa Barat.

Startup yang lahir di tahun yang sama denga Gojek pada tahun 2010, mendapat suntikan pendanaan dari Elang Mahkota Teknologi atau EMTEK sebesar Rp 439 miliar.

Bukalapak telah mendapat predikat "unicorn"  pada tahun 2017. Bukalapak konsisten berupaya memperluas literasi digital dan akan membangun perjuangan kecil dan menengah (UKM) di Indonesia.  

0 komentar:

Posting Komentar